Dianjurkan untuk setiap muslim agar memperbanyak ber-dzikir kepada Allah ﷻ dan ber-doa dengan apa yang telah Allah anjurkan. Diantara doa-doa nya yang diucapkan dalam ibadah umroh adalah sebagai berikut,

Sebelum baitul Haram

  • Disunnahkan bagi yang umroh umtuk membaca talbiyyah sebelum sampai baitul haram dan dilakukan setelah berihram dari miqat, disertai dengan kesungguhan dalam membacanya yang banyak, yaitu dengan mengatakan:

    لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ، لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لا شَرِيكَ لكَ لَبَّيْكَ، إنَّ الحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ، وَالْمُلْكَ لا شَرِيكَ لكَ
    Artinya, “Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sungguh, segala puji, nikmat, dan segala kekuasaan adalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu.”

Sebelum ber-ihram

  • Disunnahkan bagi orang muslim untuk bertasbih, takbir, dan tahlil sebelum berihram untuk umroh, dan disunnahkan pula untul memulai thawaf dengan mengucapkan takbir.

Saat tawaf

  • Disunnahkan untuk orang yang ber’umroh untuk megatakan diantara hajar aswad yaitu: (ربَّنا آتِنا في الدُّنيا حَسنةً وفي الآخرةِ حَسنةً وقِنا عذابَ النَّارِ) “Wahai Robb kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhilah kami dari siksa neraka”. (QS. Al Baqoroh [2] : 201)

Sesampainya di Sa’i

  • Disunnahkan untuk orang yang ber’umroh jika ia sampai pada sa’I, dan telah ditentukan tempatnya dari dua gunung (shofa dan marwah) untuk mengucapkan firman Allah ﷻ :
  • إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ ۖ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا ۚ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ
  • Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang berhaji ke Baitullah atau ber’umrah, maka tidak dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan senang hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui. (Surat Al-Baqarah Ayat 158)

 

  • Dan telah datang dari nabi ﷺ doa ketika di shofa ia berkata:

لا إله إلا الله وحده لا شريك له , له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير . لا إله إلا الله وحده أنجز وعده ، ونصر عبده ، وهزم الأحزاب وحده

“Tiada ilah (yang patut diibadahi dengan benar) melainkan Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. bagiNya kerajaan dan pujian. Dan Dia mampu melakukan segala sesuatu. Tiada ilah (yang patut diibadahi dengan benar) melainkan Allah saja. Yang menunaikan janji, menolong hamba-Nya dan mengalahkan sekutu Sendiri. (HR. Muslim, 1218).

Perbanyak doa dan dzikir

  • Seorang muslim harus bersemangat dalam berdoa ketika thowaf dan sa’i dari doa-doa yang datang dari nabi ﷺ dan doa apa saja yang ia ingin, dan perbanyak dzikir kepada Allah, dan membaca Al qur’anul kariim, maka semua itu pahalnya sangat besar disisi Allah ta’ala, maka tidak ada doa yang dikhususkan ntuk thowaf dan sa’I yang datang dari nabi ﷺ, ibnu taimiyyah berkata: “disunnahkan bagi orang yang berthowaf berdzikir kepada Allah ﷻ, dan berdoa kepada-Nya dari apa-apa yang disyari’atkan, jika ia membaca Al qur,an dengan pelan maka tidak apa-apa, tidak ada dzikir yang ditetapkan oleh nabi ﷺ, tidak juga perintahnya, tidak juga perkataannya, dan tidak juga dari pelajarannya, tapi ia berdoa dari seluruh doa-doa yang disyari’atkan.

Berikut adalah doa doa umroh, semoga bermanfaat. والله تعالى أعلم.

Lihat juga tata cara umroh selengkapnya disini.