Allah telah mensyari’atkan Haji dan umroh karena disana terdapat beberapa hikmah yang bisa kita ambil, diantaranya yaitu:

  1. Bersyukur kepada Allah terhadap nikmat sehat dan harta yang dipergunakan untuk apa-apa yang Allah ridhoi, dan menunjukkan kehambaan kepada-Nya.
  2. Menunjukkan rasa persaudaraan yang tinggi, karena semuanya mengenakan pakaian yang sama, menyembah rabb yang satu, dan mereka menghadap ke kiblat yang sama yaitu ka’bah, maka semua kelompok yang datang ke mekkah berasal dari berbagai macam : warna, jenis, Bahasa, dan negara.
  3. Menjadi tempat bercocok tanam untuk amal shalih dan iman, agar orang muslim terbiasa terhadap sikap tawadhu’ dan sabra, dan ingat terhadap kejadian-kejadian hari kiamat, dan merasakan kelezatan beribadah kepada Allah ﷻ, dan ia mendapati keagungan sang kholiq ﷻ.
  4. Mengingatkan akan keadaan nabi dan rasul akan akhlaq mereka, ibadah mereka, jihad mereka, dan dakwah mereka.
  5. Menjadi tamu Allah.Nabi Muhammad ﷺ bersabda bahwa :
    Orang yang mengerjakan haji dan umroh adalah tamu Allah Azza wa jalla dan para pengunjung-Nya. Jika mereka meminta kepada-Nya niscaya diberi-Nya. Jika mereka meminta ampun niscaya diterima-Nya doa mereka. Dan jika mereka meminta syafaat niscaya mereka diberi syafaat”. (Ibnu Majah). Dimuliakanya tamu-tamu Allah dan apa yang dipanjatkan di sana akan terkabulkan semua hajatnya.
  6. Sebagai media penghapus dosa dan jalan menuju surga.
    Hadir sebagai tamu Allah di tanah suci hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Berdoa untuk kebaikan dunia akherat, memohon syafaat dan memohon kemuliaan dan ampunan.
  7. Sebagai syi’ar islam
  8. Sebagai media intropeksi diri.
  9. Menjadi pribadi baik di mata Allah.
  10. Keberkahan dalam hidup
  11. Meningkatkan iman dan taqwa
  12. Disiplin terhadap waktu

Berikut adalah beberapa hikmah umroh, semoga bermanfaat. والله تعالى أعلم.

Apa saja dzikir-dzikir dan doa-doa umroh? Yuk cek disini.