Kita sering mendengar kalimat atau ucapan ibadah haji atau umroh, namun apakah pengertian umroh?. Ibadah yang dilaksanaan puluhan juta umat islam dari seluruh dunia, tidak terkecuali jamaah dari negeri kita, Indonesia. Umroh adalah ibadah yang agung dan juga ibadah penggugur dosa seperti disampaikan pada hadist berikut,

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا ، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda. “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Berikut pengertian umroh yang agung tersebut beserta hadistnya secara bahasa dan juga beserta syari’at islam.

Umroh secara Bahasa artinya adalah: kunjungan dan niat

Umroh secara syari’at artinya adalah: mengunjungi tanah suci untuk melaksanakan ibadah kepada Allah ﷻ , berihram, melakukan thawaf di Baitullah, melakukan sa’I antara shafa dan marwah, dan mengerjakan persyaratanyang diperlukan sebelum mengerjakan umroh, seperti mencukur atau memendekkan rambut.

Umroh hukumnya adalah Wajib dan dianjurkan, ini adalah pendapat ahli ilmu, dalilnya yaitu Allah ﷻ Berfirman:

وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ

Artinya : “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ‘umrah karena Allah” (QS. Al-Baqarah:196).

Akan tetapi ada pendapat lain yang berpendapat bahwa Umroh itu hukumnya Sunnah. Sehingga setiap pria Muslim yang mampu melakukan itu untuk satu kali atau lebih dalam hidupnya dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan fisik dan keuangannya, dan jika ia dapat melakukannya lebih dari sekali Ini adalah sesuatu yang menjadi miliknya dalam timbangan amalnya , dan tahun ke sembilan hijriyyah adalah tahun di mana Umrah diberlakukan.

Berikut adalah pengertian umroh, semoga bermanfaat. والله تعالى أعلم.

Berikut juga keutamaan-keutamaan umroh yang dapat dilihat disini.