Apakah perbedaan haji dan umroh?. Yang utama perbedaan haji dan umroh ada pada hukumnya.

Haji adalah salah satu rukun islam yang lima. Rasulullah ﷺ bersabada:

بُنِيَ الإسْلَامُ علَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أنْ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وأنَّ مُحَمَّدًا رَسولُ اللَّهِ، وإقَامِ الصَّلَاةِ، وإيتَاءِ الزَّكَاةِ، والحَجِّ، وصَوْمِ رَمَضَان

 “Islam itu dibangun di atas lima perkara: persaksian tiada sesembahan yang benar selain Alloh dan bahwasanya Muhammad adalah utusan Alloh, menegakkan sholat, membayar zakat, berhaji, dan puasa Romadhon.” Haji itu hukumnya  Fardhu ‘Ain bagi setiap Muslim yang sudah baligh, berakal, dan mampu. Adapun waktu haji itu bertepatan pada awal bulan syawwal sampai 10 dzulhijjah.

Umroh hukumnya adalah Sunnah yang dianjurkan. Hal tersebut karena Rasulullah ﷺ dulu mengunjungi ka’bah dan beliau menunaikan umroh. Dari umroh tersebut  beliau bermaksud agar bisa mengangkat derajat dan menghapus dosa.

Adapun perbedaan nya adalah:

  • Dari segi hukum: Haji adalah salah satu rukun islam yang diwajibkan atas setiap muslim jika ia mampu untuk melaksanakan nya. Sedangkan Umrah, sebagian ulama ada yang mengatakan bahwa Umrah itu hukumnya wajib sekali seumur hidup. Namun, sebagian mereka (Ulama) ada yang mengatakan bahwa Umrah itu hukumnya Sunnah yang dianjurkan.
  • Dari segi pelaksanaan nya: untuk Haji waktuya telah ditentukan. Maka tidak sah haji di luar waktunya, dan diantara syarat syarat sahnya haji yaitu, melaksanakan nya harus pada waktu yang telah ditentukan yaitu pada awal bulan Syawwal sampai 10 Dzulhijjah, maka siapa saja yang mengerjakan haji pada hari hari ini maka ia menutup Haji nya dengan berwuquf di ‘arafah. Sedangkan Umroh itu waktu nya  tidak ditentukan, sampai Umroh itu bisa dikerjakan bersamaan dengan Haji atau pada hari hari biasa, adapun pelaksanaan nya bisa selesai dalam satu hari.

Berikut adalah perbedaan haji dan umroh, semoga bermanfaat. والله تعالى أعلم.

Lalu apa perbedaan Haji Khusus dan Furoda? Dapat di cek di Haji Khusus dan Haji Furoda.